Wednesday, June 6, 2012

Survey Online


Dalam rangka menyelesaikan tugas individu mata kuliah Psikologi Pendidikan mengenai survey online, maka saya telah mengadakan survey online yang difasilitasi oleh website kwiksurvey.com. Survey ini membahas tentang bagaimana manfaat dari e-learning. Saya memilih topik e-learning berhubung karena saya melihat maraknya penggunaan metode e-learning di berbagai universitas di Indonesia. Dengan metode e-learning, mahasiswa lebih mudah mendapatkan akses informasi mengenai materi kuliah dari dosen.  Namun, di setiap dampak positif, tentunya akan ada dampak negatif. Survey saya terdiri dari 5 ( lima ) pertanyaan berikut beserta hasilnya.

1. Saya merasa terbantu dengan adanya metode belajar e-learning





2. Materi - materi yang diberikan dosen di e-learning sangat terstruktur sesuai kontrak kuliah






3. Materi yang disajikan di e-learning selalu di-update seiring berjalannya waktu







4. Segala fasilitas yang disediakan kampus sudah mendukung metode e-learning ( misalnya: Wifi,   perangkat komputer, dll )
 





5. Saya belum terbiasa dengan metode e-learning, sehingga saya merasa e-learning menjadi sebuah beban






Survey ini diikuti oleh 53 partisipan dari mahasiswa fakultas Psikologi USU. Survey online ini diadakan mulai tanggal 28 Mei 2012 hingga 03 Juni 2012. Bagi yang ingin melihat survey online saya, bisa klik di sini. Dari hasil survey di atas, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara lebih merasakan manfaat dari metode e-learning dan rata – rata tidak merasa terbebani dengan metode e-learning.

Testimoni :
Ini merupakan pertama kalinya saya membuat survey online. Saya merasa survey online ini memberikan banyak manfaat. Kita bisa berhemat dalam penggunaan kertas. Bayangkan apabila saya ingin melakukan survey secara manual kepada 53 partisipan, itu artinya saya harus mencetak 53 lembar kertas survey. Nah, dengan survey online, kita telah menghemat 53 lembar kertas, termasuk pencegahan global warming, bukan ?
Selain hemat kertas, kita juga telah menghemat waktu. Partisipan bisa mengakses survey kita dimana pun mereka berada, selama mereka senggang dan bisa mengakses internet. Ini menguntungkan kedua belah pihak, baik si penyelenggara survey dan partisipan. Kita juga tidak perlu menghabiskan waktu untuk menghitung hasil survey-nya satu per satu. Survey online ini telah menyediakan fasilitas untuk membantu kita menghitung hasil survey ( seperti diagram di atas ).
            See ? Begitu banyak manfaat yang kita peroleh dari survey online. Akan tetapi, saya melihat ada juga sisi negatif dari survey online ini. Tidak semua orang memiliki gadget atau perangkat untuk mengakses internet sehingga tidak semua partisipan bisa kita jangkau. Namun bagaimana pun, saya merasa survey online ini layak dicoba dan dipakai oleh teman – teman lain, melihat manfaatnya yang sangat banyak.

Demikian sedikit cerita mengenai survey online saya dan hasilnya, semoga bisa bermanfaat untuk semua. Terima kasih C:

No comments:

Post a Comment