Wednesday, April 25, 2012

Teknologi dan Pendidikan

Kelompok I


Hal - hal yang akan kami bahas adalah sebagai berikut :
  1. Persinggungan antara pendidikan dan teknologi.
  2. Perbandingan apa yang dibaca di buku dengan pendidikan yang dijalankan di Medan ( pada pendidikan yang kami jalani di masa sekolah ).
  3. Ubiquitos computing dan pandangan kelompok kami mengenai ubiquitos computing.
Hasil diskusi :
  1. Titik persinggungan antara pendidikan dan teknologi terdapat pada perkembangan dan cara mengembangkannya. Teknologi ada karena pendidikan. Contohnya pada penciptaan komputer. Komputer diciptakan oleh seorang insinyur. Sebelum ia mampu menciptakan komputer, ia telah mendapatkan pendidikan sebelumnya. Pendidikan juga ada karena teknologi, Contohnya pendidikan dengan metode e-learning. E-learning itu bisa terlaksana karena adanya teknologi internet dan komputer. Pendidikan sendiri membutuhkan teknologi sebagai media perkembangannya, dan sebaliknya. Dengan berkembangnya pendidikan, teknologi juga ikut berkembang. Pendidikan dan teknologi saling berkaitan satu sama lain. Jadi intinya, untuk mengembangkan teknologi, dibutuhkan pendidikan, dan sebaliknya.
  2. Di buku, dijelaskan bahwa pada masa pra taman kanak – kanak sudah dikenalkan pada komputer dan pembelajaran yang makin kompleks pada usia selanjutnya. Apabila dibandingkan dengan masa sekolah kami dulu, kami mulai mengenal komputer sejak SD, dan itu pun hanya pengenalan awal saja. Pemanfaatannya masih sangat minim. Lalu, pada tingkat SMP, kami baru diperkenalkan pada beberapa aplikasi Microsoft Office, seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Pada masa ini, frekuensi penggunaan komputer semakin meningkat hingga masa SMA, seperti menggunakan fasilitas internet, desain grafis, dan lain – lain. Pada dasarnya, pendidikan teknologi yang kami terima di masa sekolah dulu masih jauh tertinggal dari standar yang ditetapkan oleh International Society for Technology in Education.
  3. Ubiquitos computing adalah memasukkan komputer ke kehidupan kita sehari – hari. Komputer yang dimaksudkan adalah komputer yang diubah dalam bentuk portable dan mobile. Menurut kelompok kami, ini mempunyai dampak positif dan negatif.
Dampak positifnya yaitu :
o   Komputer menjadi lebih praktis untuk dibawa kemana – mana
o   Semakin memudahkan murid untuk memperoleh informasi dalam pengerjaan tugas
Dampak negatifnya yaitu :
o   Dapat meningkatkan individualisme
o   Dapat mengurangi tingkat konsentrasi yang ujungnya berakibat menurunkan produktivitas

Demikian hasil diskusi kelompok kami. Semoga bermanfaat =)

2 comments:

  1. Fera nma ny inda slh tu pas di merinda ny..
    bkn Meirinda tp Merinda

    ReplyDelete
  2. okay.. ^^ uda diubah yaa.. Thank you =)

    ReplyDelete